Rutin Sikat Gigi Bisa Mencegah Pikun

Senin, 04 Juni 2018 - 14:09 WIB
Rutin Sikat Gigi Bisa Mencegah Pikun
Rutin Sikat Gigi Bisa Mencegah Pikun
A A A
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan manfaat sikat gigi. Tak hanya dapat membuat gigi menjadi bersih dan terbebas dari masalah kesehatan mulut dan gigi. Rajin sikat gigi juga dapat mencegah pikun atau penyakit demensia.

Penelitian yang dilakukan University of Southern California membuktikannya. Untuk mereka yang tak rajin menyikat gigi secara rutin berisiko 22 hingga 65% lebih besar mengidap demensia dibandingkan mereka yang menyikat giginya 3 kali sehari.

Dilansir Reader's Digest, peneliti menduga hal ini disebabkan oleh peradangan dini. Co-author Let Them Eat Dirt, Brett Finlay mengatakan keduanya berkaitan dengan kondisi inflammaging, kondisi kronis yang minim aktivitas sistem imun untuk melindungi tubuh.

Saat bakteri jahat berkembang biak di gusi, racun yang dikeluarkan bakteri menyebabkam peradangan pada gusi. Peradangan ini akan mempengaruhi seluruh tubuh hingga memicu demensia dan penyakit jantung.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa menyikat gigi secara rutin dapat mencegah terjadinya peradangan kecil di gusi sehingga otomatis terhindar dari demensia.

Demensia merupakan kondisi dimana terjadinya penurunan fungsional yang terjadi pada otak. Kondisi ini mempengaruhi seseorang terhadap cara berpikir dan berinteraksi dengan masyarakat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)